Uncategorized

Tarif Naik, Parkir Liar Semakin Menjamur

JawaPos.com – Rencana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menaikan biaya parkir di sejumlah kawasan mendapat kritikan dari Indonesia Parking Association. Dikhawatirkan kebijakan itu justru akan membuat parkir liar semakin menjamur.

Sekjen Indonesia Parking Association (IPA) Wahyu Ramadhan mengatakan, Anies berencana melakukan pengetatan biaya parkir kendaraan pribadi di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, dengan dua cara yakni meningkatkan biaya parkir dan pengurangan tempat parkir. Menurutnya implementasi kedua hal tersebut harus melalui kajian yang matang.

“Semua harus ada kajian matang, khususnya dua kebijakan yang akan diambil gubernur terkait dengan parparkiran,” kata Wahyu, dari keterangan yang diterima JawaPos.com, Jumat (7/12).

Sementara terkait rencana peningkatan biaya parkir yang mencapai Rp 50 ribu jam, menurutnya juga harus diantisipasi akan menjamurnya tempat parkir dan juru parkir liar. Untuk itu penegakan hukum serta fungsi pengawasan dari aparat Dinas Perhubungan harus ditingkatkan.

“Hal ini terjadi di seputar Grand Indonesia dan Plaza Indonesia, alih-alih menghindari beban biaya parkir perjam yang tinggi di ke dua mall tersebut, banyak pengunjung dan karyawan yang memarkirkan kendaraan di tepi jalan seputar Kebon Kacang dengan tarif yang lebih rendah,” ucapnya.

Ia menambahkan pengurangan tempat parkir, merupakan kebijakan yang absurd. Menurutnya tempat parkir mana yang akan dikurangi mengingat di seputar Jalan Jendral Sudirman dan MH Thamrin tidak ada lagi parkir tepi jalan yang menjadi ranah pemerintah. Kebanyakan lahan parkir yang tersedia adalah lahan parkir milik swasta yang diperuntukkan sebagai fasilitas bagi pengunjung dari gedung atau bangunan di area tersebut.

“Kami melihat pula bahwa kebijakan ini kontraproduktif dan akan menimbulkan lahan parkir liar yang baru di jalan jalan penghubung di seputar Jalan Jendral Sudirman dan MH Thamrin yang akan berpotensi menciptakan titik kemacetan baru,” katanya.

“Kami pun menyarankan pemerintah provinsi terlebih dulu mengundang seluruh stake holder terkait rencana implementasi kebijakan tersebut,” tandasnya.

(rgm/JPC)

 

Sumber : https://www.jawapos.com/jpg-today/07/12/2018/tarif-naik-parkir-liar-semakin-menjamur